Friday, 13 September 2019

KriyaNusa 2019: Pameran Kerajinan Nusantara Terbesar

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari 17.504 pulau. Banyak banget kan? Belum lagi ragam budaya yang dimiliki dari setiap daerah yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Salah satu bentuk warisan budaya adalah kerajinan tangan atau yang sering kita sebut kriya. Walupun Indonesia memiliki kriya nusantara yang sangat kaya dan beragam bukan berarti tidak akan terhindar dari kepunahan. Untuk itu kita sebagai warga negara, anak bangsa, wajib ikut serta melestarikan warisan budaya tersebut. Coba deh sebutin kerajinan khas daerah kamu? Terus kamu punya gak? Sering dipake gak? Aku yang berasal dari Palembang sangat suka sekali dengan pakaian berbahan Kain Jumputan, Batik Palembang atau Songket. Saat ini, kriya nusantara sudah memiliki produk yang lebih variatif dan autentik. Hal kecil untuk mendukung para perajin kriya adalah dengan menggunakan Kriya Nusantara dalam kehidupan sehari-hari.

KRIYANUSA 2019

Kriya Nusantara merupakan salah satu pendukung pariwisata di Indonesia. Produk-produk dari setiap daerah yang memiliki ciri khas sendiri selalu menjadi daya tarik setiap pengunjung atau wisatawan. Hal ini juga berlaku untuk wisatawan mancanegara. Untuk itu pemerintah melalui Dekranasda dengan serius membimbing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Untuk meningkatkan daya saing dan semangat para UMKM, setiap tahunnya diselenggarakan KriyaNusa. KriyaNusa adalah pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Pameran ini ditujukan sebagai wadah promosi produk UMKM binaan Dekranas di seluruh Indonesia. Tahun 2019 ini, KriyaNusa akan diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

KriyaNusa 2019

Untuk tahun ini KriyaNusa mengusung tema Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan”. 

Untuk memenuhi semua kebutuhan pasar, peningkatan kualitas, desain, produksi dan penerapan teknologi harus dilakukan untuk menghasilkan produk yang berdaya saing, bukan hanya di pasar dalam negeri tapi juga pasar global dalam jumlah yang besar. 

KriyaNusa akan menampilkan wajah-wajah dari hasil kerajinan tangan di seluruh nusantara. Bukan hanya mewakili suatu daerah namun setiap kriya mengandung makna dan filosofi tersendiri. Seperti tahun ini, KriyaNusa memiliki ikon dari Sumatra Barat, yaitu "Motif Pucuk Rabuang", lambang ini mengandung pepatah "Mulia di usia muda, lebih lagi di usia dewasa". Rabuang adalah kuncup bambu muda yang bisa dimakan dan mengandung gizi. Sedangkan saat dewasa, bambu menjadi kokoh dan menjulang tinggi namun tetap merunduk rendah hati. 
KriyaNusa 2019
Pameran KriyaNusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin wilayahnya. Tak hanya itu, sejumlah BUMN dan Kementerian juga memfasilitasi mitra binaanya untuk terlibat, sehingga terdapat 246 stan kriya, yang terdiri dari 37 stan Kementerian dan BUMN, 170 stan Dekranasda, 25 stan individu, 8 stan mitra, dan 6 stan asosiasi. Selain kerajinan, KriyaNusa juga menghadirkan ragam kuliner Nusantara.
Selain kualitas kriya yang sudah teruji, autentik dan keunikannya, produk-produk kriya di KriyaNusa 2019 memiliki harga yang sangat bersaing, dijamin murah-murah dan worth to buy! 
KriyaNusa 2019
Photo by: Yayat
KriyaNusa 2019
Photo by: Yayat
Dua foto diatas adalah salah satu contoh kerajinan yang dijual di KriyaNusa 2019. Sebagai generasi muda kita patut bangga dong dengan hasil kriya nusantara, kebanggaan ini bisa kita tunjukkan dengan memakai produk-produk kriya nusantara dan memabantu mempromosikannya. Nah KriyaNusa 2019 bisa menjadi solusi teman-teman nih untuk menemukan produk yang kamu banget. Yuk ke KriyaNusa 2019! 100% Kriya Nusantara.

2 comments:

  1. Produk yang dijual di Kriya Nusantara ini keren dan unik ya. Tapi, sering kesulitan saya nyari sepatu khusus wanita yang ukurannya 41. Iya.. Kakiku tuh ukurannya suka bikin pengen nangis.

    ReplyDelete
  2. Aku tuh kepengen banget main2 ke pameran Kriyanusa 2019 ini. APa daya pas mau ke sana eh ga bisa, gatot deh. Padahal udah mengincar beberapa produk lokal yg kece2. Semoga di tahun depan durasi pamerannya lebih lama ya, 2 minggu misalnya. AKu kan mau shopping banyak hehehe.

    ReplyDelete