Wednesday, 4 September 2019

9 Tahapan Pertumbuhan Bayi dalam Kandungan yang Perlu Kamu Tahu

Trimester Pertama

Sebagai calon Ibu, kita wajib tahu dong tentang kehamilan. Agar bisa mempersiapkan diri, baik secara ilmu maupun mental. Periode kehamilan dibagi menjadi tiga, yaitu: Trimester pertama, kedua dan ketiga. Trimester pertama adalah tiga bulan usia kehamilan si Ibu.
Pertumbuhan Bayi


Usia Kehamilan 1 Bulan

Pada usia kehamilan satu bulan atau empat minggu, bayi masih dalam bentuk embrio yang berukuran sangat kecil. Jika diibaratkan, maka ukurannya bisa sekecil biji kacang hijau. Hal ini karena calon janin yang berada di dalam rahim baru saja mengalami pembentukan. Ibu hamil yang berada di fase pertumbuhan bayi bulan pertama ini sangat rawan, sehingga Ibu serta Ayah harus menjaganya dengan hati-hati.

Usia Kehamilan 2 Bulan

Pada fase yang kedua ini, embrio sudah mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dalam fase ini, organ-organ dan jaringan tubuh, seperti jaringan otak, mata, mulut, hidung, sudah mulai dibentuk. Namun, bagian-bagian tersebut masih sangat kecil.

Usia Kehamilan 3 Bulan

Saat usia kehamilan memasuki bulan ketiga, perut Ibu akan mulai membesar karena pertumbuhan bayi mulai membentuk rangka tulang dan organ vital yang terbentuk sempurna. Organ-organ vital ini juga sudah mulai bisa berfungsi dengan baik. Hanya saja, di fase ini bayi belum bisa membuka matanya atau mengaktifkan panca inderanya.


Trimester Kedua

Trimester kedua kehamilan adalah masa pertengahan kehamilan. Yaitu usia keempat hingga keenam bulan.

Usia Kehamilan 4 Bulan

Pertumbuhan bayi di usia ini ditandai dengan bayi yang sudah bisa bergerak, mendengarkan suara, dan tertidur. Boleh dipercaya atau tidak, bayi yang tertidur di dalam hangatnya rahim ibu pun bisa mengalami mimpi. Selain itu, pada tahap ini bayi sudah bisa diprediksi jenis kelaminnya. Nah pada fase ini, biasanya si Ibu sudah bisa merasakan tendangan-tendangan kecil dari bayi.

Usia Kehamilan 5 Bulan

Berat badan dan ukuran bayi akan semakin besar di usia kelima bulan. Selain itu, tulang rawan yang membentuk sesosok janin akan berubah menjadi tulang keras pada umumnya. Hal ini juga diikuti dengan lapisan lemak yang mulai tumbuh. Kelak lapisan lemak inilah yang berfungsi untguk menjaga tubuh bayi setelah dilahirkan ke dunia.

Usia Kehamilan 6 Bulan

Bayi di usia ini sudah bisa diprediksi dengan jelas jenis kelaminnya. Namun, perlu diperhatikan pula posisinya untuk bisa memprediksi jenis kelaminnya. Karena ada bebereapa posisi bayi yang cukup sulit diidentifikasi jenis kelaminnya oleh Bidan atau Dokter Kandungan. Di usianya yang keenam bulan, mata janin mulai berkembang dan sensitif terhadap cahaya.


Trimester Ketiga

Ini merupakan tiga bulan terakhir yang dialami oleh Ibu hamil .Di sini, Ibu hamil akan mudah lelah dan mengalami banyak perubahan yang signifikan. Seperti bentuk tubuh, berat badan dan lain sebagainya.

Usia Kehamilan 7 Bulan

Tahap pertumbuhan bayi usia tujuh bulan ditandai dengan sistem organ dan tubuh janin yang menuju sempurna. Sistem indera. saraf dan beberapa sistem lainnya sudah mampu membuat Ibu merasakan apakah si bayi sedang tidur atau terbangun. Hal ini bisa ditandakan dengan gerakan bayi seperti menghisap jempol.

Usia Kehamilan 8 Bulan

Janin di usia delapan bulan berada pada tahap pematangan. Biasanya, perkembangan ini mempengaruhi berat dan ukuran si bayi. Fase ini juga, janin mulai aktif berputar mencari jalan keluar. Pergerakan bayi akan sangat terasa.

Usia Kehamilan 9 Bulan

Pertumbuhan bayi usia sembilan bulan merupakan penyempurnaan setiap tahap yang telah dilaluinya selama delapan bulan. Di sini, seluruh organ yang dimiliki tubuh janin sudah berfungsi sesuai dengan bagiannya masing-masing. Kepala janin pun telah masuk ke panggul si Ibu atau masuk ke jalan lahir dan siap lahir ke dunia. Hal ini akan ditandai dengan kontraksi.

Itulah proses pertumbuhan bayi selama sembilan bulan didalam kandungan si Ibu. Seribu hari pertama yang dihitung sejak janin berusia satu hari di dalam kandungan, sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya kelak.

3 comments:

  1. Masha Allah, auto usap-usap perut dong saya, padahal semacam alergi kalau disuruh urus bayi lagi hahaha.
    Bayi itu lucu, tapi jadi ngga lucu kalau kita ngasuh sendirian beserta kakak-kakaknya pula :D

    ReplyDelete
  2. Akupun auto usap2 perut, mudah2an bakal janin yg ada di rahimku tumbuh sehat. Kebetulan lagi seneng banget baca2 seputar kehamilan gini, thank you for sharing beb

    ReplyDelete