Saturday, 7 December 2019

#GintungMemanggil Bersama Komunitas Plastik Untuk Kebaikan

Saturday, December 07, 2019 2 Comments
Banyak hal yang membuatku suka menonton Drama Korea, selain ceritanya yang unik dan mengangkat banyak issue, juga karena pola hidup masyarakat Korea Selatan yang mandiri dan rapi. Nonton bukan hanya sekadar nonton, tapi juga belajar hal-hal baik serta mengasah pola pikir. Hehe. 

Salah satu pola hidup masyarakat Korea Selatan yang menginspirasi adalah budaya memilah sampah. Adegan membuang sampah banyak sekali di drama-drama yang sering aku tonton. Mulai dari membuang sampah sesuai jenisnya di dalam rumah, sampai membuangnya pada tempat pembuangan sampah di kompleks perumahan dll.

Sampah sudah menjadi issue yang hangat di dunia ini, terutama sampah plastik yang mengotori lautan. Indonesia sendiri menjadi negara nomor dua penghasil plastik terbesar di dunia sebanyak 30 ton pertahun. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan edukasi mengenai sampah yang belum maksimal. 


Kepedulian Yang Selalu Ada

Saat ini sudah banyak yang peduli dengan lari-nya sampah baik sampah rumahan hingga produksi skala besar, seperti rumah makan bahkan pabrik. Kepedulian ini lahir dari setiap elemen, baik pemerintah, masyarakat, bahkan para millennials. Banyak komunitas-komunitas dengan serius memberikan edukasi mengenai sampah, bahkan menawarkan berbagai macam solusi pengolahan sampah serta menanamkan motivasi pada masyarakat umum untuk peduli dengan sampah yang mereka hasilkan. 

Minggu lalu, saya bersama teman-teman blogger berkesempatan untuk ikut langsung aksi nyata membersihkan Waduk Gintung dari sampah-sampah plastik. Acara ini diikuti oleh banyak orang, mulai dari anak-anak, millenials, ibu-bapak. Acara #GintungMemanggil ini dilaksanakan oleh Komunitas Plastik Untuk Kebaikan. Terbayang kan? Namanya saja sudah menjelaskan tujuannya.

Komunitas Plastik Untuk Kebaikan

Komunitas yang terbilang baru ini, cukup membuatku kagum. Berdiri sejak 10 November 2019 dan saat ini sudah mempunyai mobil operasional sendiri. Menandakan keseriusan. Apalagi banyak Ibu-ibu yang menjadi penggeraknya. 

#GintungMemanggil adalah sebuah acara untuk menyusur Waduk Gintung, membersihkannya dari sampah plastik. Sebelum memulai, kami diberikan edukasi singkat mengenai sampah plastik. Sampah yang memiliki nilai ekonomis langsung seperti botol air mineral dan sampah plastik lainnya. Kami dibekali dengan dua kantong sampah setiap kelompoknya, untuk mengambil sampah di pinggiran Waduk Gintung dan mengelompokkannya.


Kami memilah sampah pastik yang memiliki nilai ekonomis,  yang akan ditukarkan dengan sembako saat sudah selesai. Kegiatan ini selain membersihkan Waduk Gintung dari sampah, juga menjadi aksi nyata bagi masyarakat sekitar untuk peduli lingkungan dan memanfaatkan sampah plastik.


Diatas adalah Mobil Sembako dari Komunitas Plastik Untuk Kebaikan, mobil ini baru beroperasi di daerah Tanggerang Selatan saja. Biasanya setiap Sabtu dan Minggu, nah mobil ini operasionalnya dibantu oleh beberapa volunteer. Kalo temen-temen mau jadi volunteernya, bisa langsung cek ig-nyaa ya! 



Sampah-sampah plastik yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan sembako sesuai dengan timbangan dari plastiknya. Banyak sekali masyarakat sekitar yang ikut serta membawa kumpulan sampah plastiknya untuk ditukarkan. 


Sudah banyak masyarakat yang peduli dan memilah sampah rumahnya. 

Sesaat setelah sampai di Mobil Sembako, aku sempat berbincang dengan salah satu anggota Komunitas Plastik Untuk Kebaikan, ternyata program peduli sampah seperti ini sudah marak sekali dilakukan, terutama oleh pemerintah. Dengan sangat serius. 

"Ada ya Mbak, di satu daerah itu, kita sudah edukasi masyarakatnya, untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya, sampah plastik, organik, anorganik seperti itu. Kalo masyarakatnya tidak sesuai saat membuangnya. Yaa kita gak angkut sampahnya, biar menumpuk."

Ngobrol sambil bayangin Drama Korea dong, wih udah kek di Korea Selatan aja nih. Asik banget dengerin ceritanya. 

Untuk peduli dengan bumi ini, kita semua harus turut serta, aksi nyata, mengedukasi dengan sabar dan konsisten. Pemerintah ke masyarakatnya, masyarakat ke sesama, orang tua ke anak atau sebaliknya. 

Nothing wrong with plastics, the way we manage its waste that matters. Plastik gak salah, kadang sulit juga untuk mengurangi penggunaannya kalo lagi kepepet, tapi cara kita "melarikan" plastik yang bisa memberikan dampak. Tinggal pilih mau membuangnya di tempat yang tepat, atau ikut serta mengotori lautan. 

Sunday, 24 November 2019

Neurosains dan Tumbuh Kembang Anak

Sunday, November 24, 2019 4 Comments
Pekan lalu, seorang teman di dunia relawan tiba-tiba mengajakku untuk menjadi dokumentator sebuah kegiatan. 

"Kak, mau jadi dokumentator gak?"
"Kapan nih, kegiatan apa?"
"Senin sampai Rabu, Kak. Kegiatannya tentang neurosains, yang waktu itu pernah aku ceritain."

Ajakan via Whatshapp itu membuatku penasaran sekali, apa sih neurosains? Ohhh, pasti nih menyangkut saraf. Aku menerima tawaran temanku, karena sudah tahu kegiatan itu pesertanya adalah anak-anak. Lumayankan bisa belajar hal baru, terutama neurosains. 

Apa itu Neurosains? 

Aku pun semakin penasaran apa sih neurosains? Sampai akhirnya mengajak diskusi salah satu temanku yang sedang S-2 jurusan Psikologi Profesi Klinis. Yha, aku kira neurosains adalah salah satu cabang ilmu kalo gak Kedokteran mungkin Psikologi. Dari temanku, aku mendapat gambaran mengenai neurosains, tentang ilmu yang sedang gandrungnya di era industri 4.0.

"Ambil aja foto candid, yang natural" ujar temanku berpesan melalui chat whatsapp. 

Neurosains merupakan cabang ilmu pendidikan yang mempelajari otak dan sistem saraf atau ilmu yang mengkaji mengenai kesadaran dan kepekaan otak dari segi biologi, persepsi, ingatan dan kaitannya dengan pembelajaran. Itulah kesimpulan yang aku dapatkan setelah membaca beberapa jurnal.

Jujur saja, sejak bekerja sebagai program officer untuk pendampingan psikososial di Sulawesi Tengah, aku memiliki ketertarikan dengan anak dan segala hal yang membentuk mereka. Tentang haknya, tentang pola asuh seharusnya dan sampai ketemu dengan neurosains ini.

Anak-anak adalah generasi penerus, dari Ayah dan Ibu. Terlebih lagi bagi nusa dan bangsa. Untuk dunia yang kian pesat kemajuannya, dari segi ilmu dan teknologi. Keinginan memiliki anak, bukan hanya sekadar keinginan yang begitu saja. Namun suatu pilihan yang harus diiringi ilmu-ilmu dan usaha yang maksimal. Agar kelak anak-anak mendapatkan haknya, tumbuh dengan baik dan siap menjadi manusia cerdas yang berakhlak. Tentu dong.. Untuk itu kita perlu ilmunya.

Neurosains dan Tumbuh Kembang Anak

Budaya dan cara kita mengajari otak kita untuk berperilaku, memainkan peran besar dalam membentuk otak kita. - Louann Brizendine. 

Setiap anak memiliki kebiasaan yang berbeda, dalam sifat dan sikap. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah ingatan. Ingatan merupakan hal yang dapat tersensor oleh seluruh sensor tubuh yang kemudian memiliki daya tarik, dirasa berguna dan berulang-ulang prosesnya. Hal ini tertanam di otak bagian hipocampus yang disebut long term memory. Untuk lebih detailnya gambar di bawah ini akan menjelaskan proses terbentuknya ingatan atau memori.

Vigor Holiday Program

Kebanyakan orang tua mungkin masih bingung untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak bukan hanya tentang asupan gizi namun juga tentang tumbuh kembang otak yang dipengaruhi dari faktor lingkungan. Banyak hal memang yang harus dipersiapkan, dilihat lebih teliti oleh para ahlinya.

Saat ini Vigor Hub memiliki banyak program untuk membantu para orang tua melihat tumbuh kembang si anak. Baik secara fisik ataupun psikologis. Program yang disusun secara details dan juga fun.

Salah satunya adalah vigor Holiday Program. Program yang dilaksanakan saat liburan sekolah, bukan hanya sekadar mengisi waktu luang namun juga belajar banyak hal baru.

Hari pertama, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan usia. Anak-anak akan diberikan tugasnya masing-masing untuk membuat sandwich dan minuman. Sebelum melakukan kegiatan, anak-anak diberikan contoh langsung proses pembuatan makanan dan minumannya. Setiap kelompoknya saling berkaitan dan setiap orang dalam kelompok saling bekerja sama.

Kegiatan berlangsung penuh antusias, anak-anak memperhatikan demo lalu menjalankan urutan intruksi membuat makanan dan minumannya. Anak-anak juga belajar menggunakan pisau, menyelaraskan mata dan gerakan tangan, belajar untuk fokus. Anak-anak belajar untuk saling mengingatkan. Selain itu, anak-anak juga diajarkan melipat tisu dan menggunakan alat makan dengan baik dan benar.

Setelah melakukan kegiatan kelompok, pada hari kedua anak-anak melakukan lebih banyak gerakan.

Neurosains

Gerakan yang dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh dan kepatuhan untuk mengikuti instruksi.

Neurosains

Banyak sekali media yang digunakan untuk melatih motorik anak-anak, pun kegiatan yang dilakukan secara fun.

Neurosains


Neurosains

Anak-anak juga dilatih untuk memainkan stick drum dan bermain disk jokey. Dari kegiatan ini kita dapat melihat kemampuan anak-anak dalam mengkoordinasikan gerakan tangan dengan otak.  Musik juga sangat baik untuk perkembangan emosi dan ingatan.

Neurosains

Hari terakhir, kegiatan dilakukan di dalam air. Wah bisa kebayang kan, betapa senangnya anak-anak melalukan kegiatan di dalam air. Mulai dari latihan  pernapasan, senam dan bermain stick drum di dalam air sesuai dengan irama musik dan instruksi dari dr. Anne. 

Rasanya, gelas kosongku sedikit terisi. Walau masih banyak tanda tanya. Yang pasti, menjadi orang tua memerlukan persiapan, banyak persiapan. Dari ilmu, mental dan juga material. Karena kita bukan hanya sekadar melahirkan anak, namun juga satu generasi baru, yang akan menjadi manusia, yang memimpin, yang peduli dan bersaing secara sehat. 

Saturday, 26 October 2019

Keseruan Mengunjungi Museum Nasional dan Museum Sejarah Jakarta

Saturday, October 26, 2019 20 Comments
Sebutkan hobi kamu? 

Hobi saya banyak Pak, salah satunya jalan-jalan. Terutama mengunjungi tempat baru. 

Pertanyaan yang selalu keluar kalo lagi interview, dan jawaban yang selalu sama, yha jalan-jalan, bertemu orang baru, foto-foto, berniat menuliskan keceriaan dan khidmat-khidmatnya, bagian terakhir ini bukan main sulitnya. 

Diawal tulisan ini, aku mau mengucapkan selamat, semangat dan terima kasih secara bangga kepada teman-teman blogger yang sangat aktif menulis. Percayalah, walau perlahan, link-link yang kakak-kakak bagikan dan masuk ke pemberitahuanku membakar semangatku untuk terus produktif menulis. Apalagi yang menyempatkan hadir, membaca dan meninggalkan jejak di komentar postinganku. Terima kasih~

Memilih pindah dari Palembang dan mencari kerja di Ibukota dan sekitarnya, sebenarnya bukanlah pilihan utama. Rasanya cukup berat, apalagi setelah dijalani. Bukan main. Tapi tawaran dari kota metropolitan ini juga bukan sekadar basa-basi. Ada ribuan kesempatan untuk belajar, pun mengenal banyak orang. Akhirnya memulai karir di sebuah perusahaan kontraktor di Bekasi, kemudian bertemu teman satu frekuensi tentang jalan-jalan. 

Kesepakatan simpel, setiap Sabtu, kami membuat jadwal untuk jalan-jalan, entah ke museum, taman atau toko buku. Jalan-jalan ini harus ramah kantong dan juga ramah dengan bumi. Sedemikian rupa. 

Menikmati Transportasi Umum

Perjalanan kali ini kami sangat memaksimalkan moda transportasi publik, menuju Stasiun Juanda menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) dari Stasiun Bekasi. Sehari sebelumnya kami sudah mempersiapkan emoney biar saat perjalanan bisa langsung tap-tap. Sebenarnya juga bisa menggunakan Tiket Harian Berjamin, hanya dengan deposit 10K dan ditambah uang perjalanan sesuai destinasi, kamu sudah bisa naik KRL. Untuk menghindari antre dan kelupaan refund ya lebih baik menggunakan emoney, walaupun jarang digunakan. 

Setelah sampai di Stasiun Juanda, kami menyebrang untuk menaiki City Tour Bus, bus bertingkat yang melayani penumpangnya untuk mengelilingi Kota Jakarta. Bus ini gratis, tis, tis!

City tour bus

City tour bus

Tidak lama menunggu, bus pun datang, kami memilih duduk di lantai dua bus. Biar lebih kelihatan. Hehe. Selain gratis, bus ini juga dilengkapi dengan guide serta supir yang bersertifikat. Bukan kaleng-kaleng lah guys. Selama perjalanan, kami diberikan informasi mengenai bus dan lingkungan sekitar. Nah bus ini jam operasionalnya sampai malam di hari weekend. Selain informatif, mas guide yang kulupa namanya, amatlah lucu dan menghibur.

Belajar Hal Baru, Mengenal Pahlawan


Setiap ada monumen di jalan yang kami lewati, maka mas guide akan menjelaskannya secara singkat. Yha, tugasku mencatat untuk kemudian mencari tahu. 

Monumen di atas adalah patung pahlawan, Mohammad Husni Thamrin. MH. Thamrin adalah tokoh Betawi pada saat nama Jakarta masih Batavia. MH. Thamrin aktif dalam politik, memperjuangkan suara-suara orang tertindas, beliau pula mengusulkan pembangunan tempat penyimpanan air bersih untuk minum, yang kemudian disetujui pemerintah Belanda, Saluran Air Minum Kanal Ciliwung. Kini dikenal dengan Penjernihan Air Pejompongan. 

Monumen ini diresmikan oleh Bapak Fauzi Bowo sebagai Gubernur DKI jakarta pada masanya. 

Nyasar ke Museum Nasional

Rute ngebolang hari itu adalah Galeri Nasional dan Museum Fatahillah di Kota Tua. Entah terlalu asik menikmati perjalanan, aku yang sebelumnya mendengar kalo ingin ke Galnas berarti turun saat bus berhenti di depan Perpusnas. Tapi kedua temanku tidak mendengar hal yang sama, kupikir aku salah mendengar. Jadi kami melanjutkan perjalanan. Sampai akhirnyaaaa berhenti di Museum Nasional atau Museum Gajah. 

Museum nasional

Rasanya bahagia bisa kembali lagi ke Museum Nasional. Tempat yang pernah aku kunjungi secara singkat beberapa tahun yang lalu. Ikon Museum Nasional yang selalu terniang-niang ini merupakan karya seniman asal Bali, Nyoman Nuarta. Pusaran dengan detail orang-orang di dalamnya, seolah tertarik dan juga bertahan sekuat tenaga. Karya ini memiliki makna ketahanan budaya yang terus menggelora sepanjang masa. Budaya yang tetap luhur dan menginspirasi, sejalan dengan kemajuan. 

Museum nasional

Museum nasional

Biaya masuk Museum Nasional 5000,- rupiah untuk pengunjung dewasa. Museum ini dibuka dari Selasa - Minggu. Seperti kebanyakan museum yang tutup di Hari Senin. Di meja registrasi, setelah membeli tiket, kita akan mendapatkan peta museum dan juga peta tempat-tempat wisata di Kota Jakarta. Pokoke lengkap! 

Dari pintu masuk, lurus saja dan kita akan disabut dengan patung-patung dari banyak tokoh perwayangan. Aku sedikit bingung karena ada beberpa patung yang tidak utuh, memang seperti itu bentuknya atau luput dari perawatan yaaa. Setiap patung juga dilengkapi dengan penjelasan singkatnya. 




Aku selalu suka membaca lagi sejarah melalui kunjungan ke museum,  siapa tahu kan keluar di soal test cpns. Mayan cuyyy! 


Setelah puas melihat patung-patung, aku berjalan ke sisi lain museum, melewati ruangan dengan peta Republik Indonesia dan ragam suku, bahasa yang hidup di dalamnya. Kaya sekali tanah air ini.



Sisi berikutnya menjelaskan asal-usul manusia di Indonesia. Wajah-wajah perempuan Indonesia. Di sisi ini juga ada replika tulang-belulang orang yang telah meninggal.





Saat naik ke lantai dua museum, kita akan disambut dengan gambar-gambar yang menjelaskan kehidupan zaman dulu.  Wanita-wanita Indonesia yang mandiri dan kuat tergambar nyata, pun anak-anak yang bahagia dengan permainan seadanya. Yang selalu membuat hatiku hangat adalah foto wanita dengan senyuman di bagian Pulau Jawa, sekilas beliau mirip sekali dengan Almh. Nenekku. Pun senyumnya. Aku sampai bergumam, seharusnya latarnya adalah Pulau Sumatra, karena dari silsilah yang ku tahu, keluarga kami adalah orang Sumatra yang berasal dari Pagaralam.

Pameran "Japanese Design Today 100"

Seingatku, Museum Nasional sering sekali mengadakan event-event yang menarik, kebetulan sekali saat kami berkunjung sedang berlangsung pameran karya seni dan koleksi dari Jepang. 



Ada sekitar 100 foto, maket ataupun pakaian yang dipamerkan. Program ini bertujuan untuk mengenalkan Jepang pada dunia. Tentu saja didalam bidang seni, baik seni tradisional maupun kontemporer. Sebagai penyelenggara, The Japan Foundation telah bekerjasama dengan banyak museum di seluruh dunia. Keren ya?

Apakah kita juga sudah melakukan hal ini untuk mengenalkan budaya, sejarah serta para seniman Indonesia ke seluruh penjuru dunia melalui pameran karya seni di museum lain di luar negeri. Pastilahhh hal ini terpikir oleh Bapak-Ibu yang di posisi nya, yang memiliki kuasa dan kemampuan untuk mewujudkannyaaa. Hihi.

Belajar Sejarah Kota Jakarta di Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta ini terletak di Kota Tua. Biaya masuknya 5000,- rupiah untuk pengunjung dewasa. Yang aku suka dari museum ini adalah keteraturannya, petunjuk yang cukup jelas membuat pengunjung sangat mudah untuk melihat sejarah secara runut. 




Museum ini menceritakan penampakan Batavia dengan para tokohnya hingga menjadi Jakarta. Dari Balai Kota hingga resmi menjadi Museum Sejarah Jakarta. Juga menceritakan peristiwa-peristiwa bersejarah, seperti wabah penyakit yang pernah terjadi hingga kebangkrutan VOC.


Museum ini dilengkapi dengan furniture-furniture khas zaman dulu yang terbuat dari kayu. Sangat terawat.



Banyak juga lukisan-lukisan sarat makna. Salah satunya seperti latar foto di atas.


Dari lantai dua Museum Sejarah Jakarta, kita bisa menyimak keramaian Kota Tua. Di museum ini juga terdapat penjara bawah tanah.

Menikmati Selendang Mayang

Selain suka jalan-jalan ke tempat baru, aku juga suka jajan. Hehe. Kalo Palembang kaya sekali kulinernya, teman-temanku terkadang bingung kalo aku minta diajak makan makanan khas Bekasi. Hehe. Nah, selain kerak telor, aku akhirnya bisa mencicipi Selendang Mayang. Konon, minuman ini khas Jakarta. Rasanya segar, manisnya pas. Harganya murah! 


Setelah duduk sambil berselendang mayang, kami pulang melalui Stasiun Jakarta Kota. Langsung menuju Bekasi. 

Untuk KRL pulang pergi kami mengeluarkan 8000,- rupiah, 10000,- rupiah untuk masuk dua museum, 5000,- jajan Selendang Mayang, oh iya karena terlalu lama menunggu kami menggunakan bus berbayar dari Museum Nasional ke Kota Tua 3500,- rupiah (aku lupa nama busnya) dan jajan cilok selagi nunggu City Tour Bus (akhirnya nyerah) 5000,- rupiah. Untuk makan siang dan air minum kami bawa dari rumah, sudah ada isi ulang air mineral di Museum Nasional. 31.500,- rupiah, ramah kantong kan? Pun ramah lingkungan.

Perjalanan itu hanya butuh niat. Jangan lupa untuk membekali diri dengan informasi, baca-baca, bawa bekal hehe, lalu eksekusi. Capek ga??? Wah karena ini hobi dan emang suka jalan kaki, capeknya standar aja, bahagianya banyak! Yuk ke museum! 

Nantikan cerita perjalanan selanjutnya yhaaa!

Monday, 14 October 2019

Hal Yang Harus Dihindari Saat Pengajuan Kartu Kredit CIMB Niaga

Monday, October 14, 2019 4 Comments
Banyaknya produk kartu kredit membuat begitu banyak orang berupaya untuk mengajukan aplikasi ke berbagai bank, termasuk Bank CIMB Niaga. Meski prosesnya cukup mudah dan singkat, ternyata ada hal yang harus dihindari saat pengajuan kartu kredit CIMB Niaga loh! 

Pihak bank tentu akan melakukan validasi dan verifikasi setelah kamu mengajukan aplikasi kartu kredit. Hasil analisis tersebut akan menentukan lolos atau tidaknya pengajuan yang kamu lakukan. Atau, jika pun lolos, bank juga yang menentukan limit kartu kredit yang akan kamu miliki kelak.

Mengajukan kartu kredit CIMB Niaga memang mudah. Namun demikian ada beberapa hal yang sering menyulitkan proses aplikasinya.

Hal Yang Menyulitkan Proses Pengajuan Kartu Kredit CIMB Niaga

Kartu Kredit CIMB Niaga

Sama seperti melamar pekerjaan, beberapa orang rela melakukan berbagai cara supaya aplikasi kartu kredit terlihat sempurna, dengan harapan pihak bank akan meloloskan aplikasi tersebut.

Nah ini ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat mengajukan kartu kredit, yaitu:

Memalsukan Nominal Gaji

Sudah pasti dong untuk pengajuan kartu kredit CIMB Niaga kamu diharuskan melampirkan slip gaji.  Nah, ada anggapan beberapa orang bahwa semakin besar nominal gaji maka semakin besar pula peluangnya untuk lolos. Padahal, tidak sepenuhnya demikian.

Nominal gaji digunakan pihak bank untuk menentukan limit kartu. Misalnya, gaji yang besar dianggap mampu untuk membayar tagihan kartu kredit yang juga relatif besar. Sehingga, pihak bank akan lebih longgar dalam memberikan limit yang besar. Jadi slip gaji itu sebagai data penyesuaian.

Sebaiknya tetap mencantumkan nominal gaji yang sebenarnya. Supaya kamu mendapatkan limit kredit yang juga sesuai batas kemampuan. Selain itu, semakin besar limit kartu kredit, maka semakin besar pula iuran tahunan yang diberlakukan dan yang paling dasar, jujur itu sangatlah penting! 

Kredibilitas Tempat Kerja

Meskipun gaji yang kamu terima besar di sebuah perusahaan, bukan jaminan bahwa aplikasi yang kamu ajukan akan mudah disetujui. Pihak bank tentunya bisa mengamati kredibilitas tempat kerja kamu. Jika perusahaan tersebut dianggap kredibel, maka peluang lolosnya besar.

Sebaliknya, jika kredibilitas kantor kamu tidak begitu baik di mata perbankan, aplikasi kamu memang tidak serta merta ditolak. Biasanya akan ada syarat tambahan yang diberikan oleh bank. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan bank bahwa kamu berada dalam kondisi stabil dalam hal pekerjaan.

Yang dikatakan stabil termasuk juga status kamu sebagai karyawan tetap dengan masa kerja lebih dari 2 tahun. Akan timbul poin negatif di sisi analis bank, jika riwayat pekerjaan menunjukkan bahwa kamu sering berpindah tempat kerja dalam tempo yang cukup singkat. Ingat ya berpindah-pindah kerja bukan jadi poin negatif di mata HRD tapi juga oleh analisis bank. 

Riwayat Keuangan

Sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit, sebaiknya kamu pelajari dulu kesehatan keuangan kamu. Misalnya, apakah kamu memiliki tanggungan perbankan yang sedang berjalan atau tidak. Jika ada, apakah nominal tagihan tersebut masih dalam batas yang sehat atau tidak.

Pihak bank tentu akan lebih paham tentang cashflow yang kamu miliki. Jika perbandingan pemasukan dan cicilan kamu sama besar, maka peluang aplikasi kamu untuk disetujui akan semakin kecil. Sebab dalam menerbitkan kartu kredit, pihak bank menggunakan prinsip risiko kredit macet.

Beberapa bank terkemuka mensyaratkan kamu untuk menyertakan fotokopi sisi depan kartu kredit lain yang sudah dimiliki. Hal ini untuk memantau riwayat pembayaran tagihan kartu kredit kamu. Pastikan kamu tak pernah terlambat membayar tagihan atau mengalami masalah lainnya dengan kartu kredit terbitan bank lain.

Mengajukan Banyak Kartu Kredit Sekaligus

Memang tak ada salahnya mencoba peruntungan mengajukan aplikasi kartu kredit sekaligus ke banyak bank. Harapannya, salah satu aplikasi tersebut akan lolos. Namun, cara ini sebaiknya dihindari.

Perlu diingat, bahwa pihak bank bisa mengetahui aktivitas pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan. Jika kamu ketahuan mengirimkan permohonan sekaligus ke banyak bank, maka akan muncul kecurigaan. Akibatnya, aplikasi pengajuan kartu kredit CIMB Niaga kamu akan ditolak.

Untuk menyiasatinya, jangan lakukan pengiriman aplikasi kartu kredit secara serentak. Berikan jeda waktu sekitar 4 atau 5 hari setelah mengajukan aplikasi ke bank yang satu, baru kemudian dilanjutkan ke bank yang berikutnya.

Gagal Verifikasi

Setelah aplikasi kartu kredit CIMB Niaga kamu sudah dikirim, dalam jangka waktu 5 hari kerja pastikan kamu bisa dihubungi. Sebab, dalam kurun waktu tersebut pihak analis bank akan melakukan verifikasi lewat telepon. Bukan cuma kamu yang akan dihubungi, tetapi juga kerabat dekat yang kamu cantumkan pada lembar aplikasi. Baiknya kamu memberitahu kerabat yang nomernya dicantumkan untuk verifikasi.

Jika analis bank gagal menghubungi kamu hinga 2 atau 3 kali percobaan, maka aplikasi kartu kredit kamu akan dibatalkan atau ditolak. Sederhana saja, pihak analis bank memiliki setumpuk data calon nasabah yang harus diverifikasi. Jika satu gagal, mereka akan melanjutkan pekerjaan ke calon nasabah lainnya.
Setidaknya, beberapa hal tersebut membuat Anda sedikit sulit untuk lolos dalam proses pengajuan kartu kredit, khususnya dari Bank CIMB Niaga.

Untuk mengetahui persyaratan lengkap pengajuan kartu kredit, kamu bisa mengunjungi CekAja.com.

Situs CekAja.com menyediakan banyak perbandingan produk perbankan, yang disajikan secara netral. Sehingga kamu dapat memilah mana produk yang paling tepat untuk kamu sesuai dengan kebutuhan kamu. CekAja.com juga sudah berafiliasi dengan kartu kredit Bank CIMB Niaga, untuk proses pengajuan kartu kredit lewat link https://www.cekaja.com/banks/cimb-niaga/kartu-kredit

Tuesday, 1 October 2019

Jika Menebakmu adalah Judi

Tuesday, October 01, 2019 7 Comments

Tebakanku, kau adalah segala yang aku inginkan dan semua yang aku butuhkan. Aku tingkatkan tebakan menjadi sebuah untaian kata yang kurapal dengan sedikit harap. Iya, hanya sedikit. Orang menyebutnya doa. Tidak, kau hanya sekadar sesuatu yang aku idamkan. Iya, sesaat.

Tebakanku, kau hanya suara yang merdu. Sebuah lagu baru yang bermakna aku. Kan kuputar seribu kali dalam seribu empat ratus empat puluh menit. Iya, kau amatlah singkat. Tapi itu, kau kuputar seribu kali dalam delapan puluh enam ribu empat ratus detik. Jika tak sengaja  aku putar lagu lain, maka aku bergegas kembali memutarmu. Hanya kau, lagu yang memiliki nyawa, lagu yang memilikiku.

Tebakanku, kau adalah jalan setapak. Yang di kelilingi aroma tanah basah. Tentu saja padi kuning atau ilalang yang tajam. Kau jalan setapak yang lurus. Aku selalu memandangmu jauh, tebakanku kau akan panjang. Kulalui sambil sesekali melambaikan tangan pada padi yang merunduk atau ilalang. Aku akan berjalan sambil bersuka cita, entah jalanku bertuju, atau sekadar berharap aroma dan indah kanan-kiri ini, berujung sebuah pondok dengan  rumbia cokelat. 

Tebakanku, kau adalah secangkir kopi yang dibuat dengan takaran yang pas. Uapnya saja membuat jatuh cinta. Hirup pertama, menjadi cecap yang tak ingin usai. Nyatanya kau dingin lebih cepat. Pekat warnamu tak melambangkan rasa hirup pertama akan sama dengan tegukan terakhir yang tak lagi hangat. 

Tebakanku, kau adalah puncak gunung. Ingin ku rengkuh walau terjal. Jalan-jalan menanjak yang hanya ada aku untuk selemah-lemahnya diriku. Atau jalan landai, walau hanya sekian meter selalu melegakan lelah. Mungkin saja kau adalah hamparan indah awan yang amat dekat namun tak bisa kusentuh apalagi kujadikan tempat bersandar. Ah, jangan-jangan kau ini ranting pohon yang kokoh, ciri khas pohon-pohon yang dirawat oleh alam, menjadi tangan yang membantuku turun agar tak terjatuh.

Baca juga: Quarter Life Crisis: Rumi dan Isi Kepalanya

Katanya tebakan sering salah. Walau sudah kurapal. Tetap saja, karena itu hanya sekadar tebakan. Jika menebakmu sama hal nya seperti bermain judi. Aku berjanji saat menang, aku tak akan main lagi. Aku tak ingin kaya, aku hanya ingin tebakanku benar. 

Sunday, 29 September 2019

Nexgen English Online Co x Kredivo: Yuk Belajar Bahasa Inggris Online dengan Neo Study!

Sunday, September 29, 2019 4 Comments
Pameran Industri Hannover Messe di Jerman pada tahun 2011, merupakan awal dari Revolusi 4.0. Revolusi yang berdasar dengan perkembangan dan kemajuan komputer dan robot ini memberikan harapan baru untuk kehidupan kedepannya. Banyak sekali produk hasil dari Revolusi 4.0. Karya-karya inovatif yang menawarkan kemudahan.

Program pemerintah dalam peningkatan SDM termasuk didalamnya penguasaan Bahasa Asing, terkhusus Bahasa Inggris sebagai salah satu indikator menjadi negara maju. Hal ini juga sesuai dengan Trigarta Bangun Bahasa yang dideklarasikan oleh Badan Bahasa yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.

Kemajuan teknologi sangat menuntut kita untuk bersaing, terutama dalam penguasaan Bahasa Inggris, yang digunakan sebagai bahasa internasional. Saat ini, fasilitas belajar sudah sangat beragam, tidak melulu harus datang ke sekolah atau ke tempat kursus. Neo Study adalah salah satu contoh aplikasi kursus Bahasa Inggris. Aplikasi ini dikembangkan oleh Nexgen English Online Co sebagai sarana kamu untuk kursus Bahasa Inggris online.

Kursus Bahasa Inggris

FULLY MOBILE

Kemajuan industri bisa saja menggilas, tapi tidak bagi mereka yang bisa memanfaatkannya dengan benar. Neo Study sebagai aplikasi belajar Bahasa Inggris canggih, memberikan kamu kesempatan untuk bisa belajar dimana dan kapan saja. Tanpa terbatas ruang dan waktu. 

FITUR TERBARU "TRY BEFORE BUY"

Nah, untuk lebih mudahnya kamu bisa mengunduh Neo Study. Setalah kamu menginstall aplikasinya, kamu langsung bisa mencoba secara gratis!

kursus online


Kamu sebagai penggunanya dapat berlatih Bahasa inggris dalam bentuk kursus  Bahasa Inggris online sesuai dengan hasil tes penempatan. Placement Test ini untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris kamu.Test ini akan berlangsung selama 20 menit, tentunya secara online.

Banyak sekali cara belajar Bahasa Inggris. Neo Study menawarkan fitur try now, kamu bisa mencoba semua fitur seperti konten adaptif, fitur pengenal suara (speech recognition) untuk melatih pengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris dengan benar dan tentunya berlatih one-on-one dengan coach bersertifikasi secara langsung melalui video call di fitur live coach session.

bahasa inggris online


Speaking adalah skill yang sangat penting dalam penguasaan Bahasa Inggris. Dengan fitur ini, kamu akan berlatih untuk mengucapkan kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Kamu bisa mencoba semua fitur diatas secara gratis.

FUN LEARNING

Belajar dimana dan kapan saja, bisa mengurangi tekanan belajar. Apalagi kalo kamu menggunakan Neo Study, belajar Bahasa Inggris Online menjadi sangat menyenangkan dengan fitur-fitur yang menarik, asalkan kamu sungguh-sungguh dan giat. Fasih Bahasa Inggris adalah hal yang mudah!

SERTIFIKASI INTERNASIONAL CEFR

Neo Study  adalah aplikasi online belajar Bahasa Inggris pertama yang mampu mengeluarkan sertifikat. Sertifikasi Bahasa inggris Internasional CEFR bisa digunakan untuk melanjutkan studi ke beberapa kampus luar negeri khususnya Amerika Serikat dan Eropa yang sudah menerapkan standarisasi CEFR sebagai salah satu syarat administrasi.

Tentu saja dong, tutor online kamu adalah pelatih profesional yang sudah bersertifikat.

“Kami sangat yakin dengan apa yang kami katakan tentang Neo dan jaminan kefasihan yang kami tawarkan setelah lebih dari 30 tahun melakukan penelitian. Selain itu Neo juga bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Inggris bagi masyarakat Indonesia.” tanggapan Ian Adam, CEO Nexgen English Online Co. dan DynEd International disela-sela pertemuan dengan awak media. 

Nexgen English Online Co x Kredivo 

Nah setelah puas menggunakan semua fitur secara gratis, saatnya kamu memulai keseriusan belajar Bahasa Inggris online dengan menjadi premium member, untuk meringankan Nexgen English Online Co bekerja sama dengan Kredivo melalui DOKU selaku channel pembayaran meluncurkan program cicilan hingga 12x sebagai solusi pembiayaan bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris. Hal ini dilakukan Neo Study sebagai kursus Bahasa Inggris online bisa dinikmati segala kalangan di seluruh Indonesia.

Kuasai Bahasa Inggris dengan Neo Study, aplikasi belajar Bahasa Inggris efektif dan mudah. Yuk mulai langkah kecil itu dengan menguasai Bahasa Inggris! Generasi muda harus mampu bersaing secara sehat untuk menghadapi puncak Revolusi Industri 4.0, tentunya bersama Neo Study dari Nexgen.

Kamu bisa mengunduh Neo Study di Google Play (untuk Android)
dan iOS store (untuk iOS)

Friday, 27 September 2019

Cara Mudah Pasang USB Charger Motor Daytona di Yamaha NMax

Friday, September 27, 2019 1 Comments
Banyak orang yang suka bepergian jarak jauh dengan menggunakan motor, entah pergi sendiri atau bersama-sama dengan rombongan, yang sering disebut dengan touring. Perjalanan dengan kendaraan pribadi memang lebih efektif, bisa menyesuaikan kondisi tubuh. Laper tinggal cari rumah makan, mau salat juga lebih mudah. Perjalanan jauh paling asik kalo sambil dengerin lagu, sayup-sayup biar suara klakson tetep kedengeran. Saat ini gawai sudah menjadi kebutuhan dasar, untuk tetap keep in touch dengan orang tua atau siapapun yang jauh di sana. Yang sering menjadi kendala adalah kehabisan daya saat di perjalanan. Nyebelin banget kan? Jadi gak bisa dengerin musik, apalagi update instastory. Hehe.

Tapi tenang, saat ini banyak USB charger yang bisa dipasang di motor kesayangan  kamu. Salah satunya adalah USB charger merek Daytona.


charger motor


charger motor

Belinya, Di mana?

Kamu udah pernah denger Daytona belum? Nah, Daytona ini adalah salah satu pabrik yang memproduksi USB charger berkualitas terbaik, saat ini bekerjasama dengan pihak Yamaha POD.  Untuk membeli USB charger original merek Daytona ini, hanya tersedia di dealer resmi Yamaha.

Intinya, kamu tidak akan menemukan USB charger original merek Daytona di dealer atau bengkel manapun. Karena, produk tersebut hanya didistribusikan oleh Yamaha POD.

Terus, Berapa Harganya?


Dibandingkan dengan USB charger motor lainnya, merek Daytona harganya lebih terjangkau. Yakni, hanya Rp200 ribuan saja.

Dengan harga tersebut kamu juga akan mendapatkan pelindung HP, yang fungsinya untuk melindungi smartphone kesayangan kamu dari tekanan panas pada mesin motor. Jadi gak perlu khawatir deh, kalo HP kamu gak akan kepanasan. *eh

Merek Motor yang Support dipasang USB Charger, Apa Aja sih?

charger motor

Daytona bekerjasama dengan Yamaha sudah tentu dong, merek motor yang diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Salah satunya adalah Yamaha MX King, Yamaha Vixion Advance, dan Yamaha NMax.

Nah, bagi kamu yang berkendara dengan salah satu motor Yamaha diatas dan belum memasang USB charger. Kamu harus membaca langkah-langkah dibawah ini yaaa!
Baca juga: Scooter Elegan: Pilih Honda Scoopy atau Yamaha Fino 125?

Cara Memasang USB Charger Daytona di Yamaha NMax

Berikut adalah cara memasang USB charger Daytona di Nmax kesayangan kamu, ikuti langkahnya dengan benar yaaa!

Pertama, kamu perlu membuka beberpa bagian tutup body, seperti tutup stang bagian atas, tutup body samping bagian kiri dan tutup Accu dibawah jok.

Perhatikan kabel USB charger Daytona, kemudian masukkan pada lubang atau celah yang ada di bagian kemudi. Tarik ujung kabel tersebut secara perlahan dari bagian bawah menuju pada bagian Accu.

Pastikan kabel tersebut tidak bergerak saat kendaraan sedang berjalan. Caranya, dengan mengikat kabel menggunakan seutas tali atau insulok. Selanjutnya, kamu bisa langsung memasang kabel di bagian Accu.

Kamu harus memperhatikan warna kabelnya ya. Kabel warna hitam untuk terminal negatif (-), sedangkan kabel warna merah untuk terminal positif (+). Kamu bisa merapikan kabel agar lebih aman dan eye catching. 

Kabel yang sudah terpasang pada Accu bisa kamu tutup kembali. Kemudian, keluarkan ujung kabel menuju Accu dan HP, lalu simpan di luar tutup Accu agar nantinya mudah saat dipasang dan dicabut.

Sedangkan untuk lubang USB-nya, kamu bisa pasang di bagian bawah spion. Bawah spion adalah tempat yang paling pas untuk melakukan pengisian baterai saat berkendara.  Dengan memanfaatkan fungsi dari USB charger motor Daytona ini, kamu masih tetap bisa melakukan pengisian baterai HP meskipun di saat berkendara. 

Perkembangan teknologi sudah memberi banyak manfaat dan kemudahan, salah satunya USB charger ini. Kamu bisa pasang di salah satu merek motor yang diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Diantaranya seperti yang telah kita bahas di atas, yaitu merek motor Yamaha MX King, Yamaha Vixion Advance, Yamaha NMax.

Itulah, seputar pembahasan cara mudah pasang USB charger motor Daytona di salah satu merek motor terbaru dari Yamaha, yaitu Yamaha NMax. Selamat mencoba!