Skip to main content

[Curhat] Bersyukur, Karena Kita Beruntung

Assalammualaikum orang-orang beruntung.....
Gue malu. Malu banget, dengan semua yang gue milikin tapi gue belom bisa ngasih apa-apa. Makan tinggal makan, mau jajan tinggal jajan, mau beli sesuatu tinggal nabung. Duuuuh rasa pedih banget ngeliat dua adek cowok yang kumel tadi nyapa “Hei”. Gak sempet ngeliat kirain yang negor bapak-bapak tauuunya anak kecil. Kira-kira udah 15 tahunan kali ya, mereka udah harus kumel-kumelan, capek-capekan, banting-bantingan nyari uang. Rasanyaa pediiiiiiih banget ngeliat tatapan mereka waktu sama-sama lagi beli rujak. Kayak ada rasa malu, takut atau apalah. Kalo kalian mau tau, orang-orang kayak kalian tuh hebat banget dimata gue. Kalian hebat. Badan kalian aja masih kecil banget buat kerja jadi tukang bangunan. Kalian hebat ya bisa beli rujak pake uang sendiri.
Gue bingung harus berharap apa sama dunia ini. Semua orang bahagia? Gak mungkinlah ya. Gue selalu berharap kebahagiaan datang untuk setiap yang memperjuangkannya. Untuk yang sabar atas cobaan. Untuk yang bekerja keras untuk setiap rintangan. Untuk yang selalu menyertakan Allah disetiap urusan. “Ya Allah jangan engkau biarkan mereka berjalan sendiri. Ya Allah berilah mereka hidayah agar mampu mereka sertakan Keagungan-Mu disetiap urusannya. Ya Allah jangan biarkan kami berputus asa atas pertolonganmu. Ya Allah engkau Maha Adil.”
Gue bener-bener pilu. Saat seumuran mereka apa yang gue lakuin? Nonton drama korea? Ngeblog? Males-malesan! Sedangakan mereka yang berusaha lebih keras. Mereka kumel-kumelan menyatu dengan debu. Mengangkat yang bahkan lebih berat dari tubuh mereka. Apa yang harus gue lakuin? Gue mesti gimana? Ya Allaaaaaaaaaaaaaaaaaah. Mungkin mereka gak sekolah lagi. Lah gue malah punya rencana buat pindah lagi(?) Gue merasa hidup ini kejem. Nah mereka gimana? Sadar diri kurang banget bersyukuuuur, gue malu.
Banyak banget orang yang punya kemauan yang kuat, kesabaran yang hebat, tapi malah harus gugur karena ketentuan. Lah yang tinggal nikmatin malah lupa cara bersyukurrrr, yang paling sederhana pun. Lantas, apa yang gue dapet dari rasa malu sore ini?
Rummmm, gue tau lu siapa. Gue tau kemauan lu. Gue tau kemampuan lu. Gue rasa lu hanya butuh berusaha untuk cinta dengan semua ini. Gue rasa lu harus berusaha yang terbaik. Terlalu dini untuk mengeluh. Rum, inget lu orang yang beruntung. Inget mereka yang harus panas-panasan, mereka yang harus kehilangan waktu bermain, mereka yang harus keringetan, mereka yang harus putus sekolah. Elu harus bisa menghargai mereka dengan mensyukuri kehidupan yang ada sekarang. Sampe nanti elu bener-bener bisa ngebantu mereka dengan waktu, kasih dan materi. Untuk semua itu eluuuuu harus belajar yang rajin jangan ngeluh rum.
Come on guys, kita hanya berbeda takdir. Namun kehidupan yang mereka jalani begituuuu berbeda. Begitu keras dan menyakitkan. Jadilah kuat dan tolonglah yang lemah.

Wassalammualaikum.
Hai! Salam kenal dariku ya. Rumi yang secara acak terkadang menulis, entah saat luang ataupun sibuk.

Comments