Wednesday, 18 September 2019

Tips Memilih Susu Anak 1 Tahun

Menjadi Ibu adalah cita-cita nyaris semua wanita, terlebih lagi untuk menjadi Ibu Peradaban, yang memiliki kecerdasan lahir dan batin. Untuk itu sebagai wanita, kita wajib belajar. Bukan esok, saat sedang mengandung atau setelah menikah, tapi mulai saat ini. Bekali diri dengan segala ilmu tentang anak. Apa saja yang dibutuhkan anak? Bagaimana agar tumbuh kembang anak maksimal? 

Salah satunya adalah asupan makanan, yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak di usia emasnya. Anak-anak yang awalnya hanya diberikan ASI, dengan bertambahnya usia akan ada makanan pendamping ASI. 

Anak usia 1 tahun yang sudah tidak menyusui maka bisa diberikan susu lanjutan. Memberikan susu anak 1 tahun, tentu tidak bisa sembarangan karena organ dalam yang dimiliki berbeda dengan orang dewasa. Untuk itu, dibutuhkan susu yang sesuai dengan kebutuhannya. Masa sih untuk anak mau coba-coba, ya kan Bunda? Yuk, simak tips memilih susu anak 1 tahun, dibawah ini!

Susu anak 1 tahun


Tips Memilih Susu Anak 1 Tahun Lengkap

Sebagai asupan utama, orang tua wajib memberikan susu terbaik dengan teliti memilih sebelum memberikannya ke anak. 

Pilih Komposisi Yang Tepat

Sebagai orang tua, kita harus cermat saat memilih susu untuk anak. Terutama meneliti satu persatu kandungan yang ada dalam susu, bahan-bahan yang menjadi komposisinya. Pilihlah komposisi yang tepat dalam menunjang tumbuh kembang anak. Seperti kalsium, protein, vitamin A, D, E, C, K, Omega, Zink dan serat pangan lainnya.

Komposisi tersebut sudah terbukti sangat membantu tumbuh kembang anak, terutama anak usia 1 tahun. Anak usia 1 tahun adalah anak-anak yang sedang aktif-aktifnya, belajar mengoptimalkan fungsi seluruh anggota tubuhnya. Dengan pemilihan komposisi yang tepat pada susu, kita sudah memberikan suplai terbaik untuk anak. 

Pertimbangan Rasa

Saat ini banyak produk susu yang menawarkan susu dalam beberapa varian rasa. Tentunya, kita bisa menyesuaikan dengan kesukaan anak-anak. Seperti rasa vanilla, cokelat atau lainnya.

Jika kita ingin memberikan varian baru kepada si anak, kita bisa membeli susu dalam kemasan kecil agar bisa mengantisipasi jika anak ternyata kurang menyukai rasa tersebut. Harus dong, menjadi orang tua yang cermat! 

Cek Kasaluarsa

Setiap pembelian produk apapun, kita wajib cek tanggal produksi dan kadaluarsa produk tersebut. Apalagi ini susu untuk si buah hati. Jangan sampai lalai, karena beberapa toko terkadang tidak melakukan pengecekan mendalam. 

Susu kadaluarsa sangat berbahaya bagi kesehatan dari perut anak. Karena sudah tidak layak konsumsi. Akan lebih baik, jika memilih susu yang tanggal kadaluarsanya masih lama.

Beli Sesuai Kebutuhan

Alangkah baiknya, untuk bisa membeli susu sesuai dengan kebutuhan anak. Karena setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi, dengan menyesuaikan kebutuhan anak, kita juga menghemat biaya. Tidak ada susu yang terbuang. Entah karena ternyata anak tidak suka, atau keburu kadaluarsa karena menyetok, kan sayang banget kalo sampai harus membuang.

Nah, itulah beberapa tips memilih susu anak 1 tahun. Harapannya bisa membantu dalam memilih susu yang cocok untuk anak. Jangan sampai salah memilih susu! Semoga bermanfaat untuk kita, calon Ibu atau Ibu-Ibu yang berbahagia diseluruh dunia!

7 comments:

  1. Rasa ini penting, kalau ponakan saya yang satu tahun lebih suka dengan susu rasa vanila. Mungkin karena tidak terlalu amis dan manis.

    ReplyDelete
  2. Anak pertama saya minum sufor sejak bayi, dan justru kami rempongnya pas ganti susu 1 tahun.
    Susu dia sebelumnya udah nggak beredar lagi, karuan deh kami coba-coba susu lain.
    Sedih nya nggak semua susu dia cocok, ada yang bikin diare, ada yang bikin alergi, ada yang dia nggak suka rasanya.
    Rempong dah

    ReplyDelete
  3. benee banget ini, mempersiapkan jadi ibu tidak hanya pas udah hamil aja

    ReplyDelete
  4. menambah pengetahuan artikelnya.. ak pikir dulu cuma ngeh, anaknya seneng susu apa, rasa apa baru dibelikan aja. kalau adri sisi kandungan banyak yang harus dipikirkan ya

    ReplyDelete
  5. Orangtua juga mesti coba rasa susunya deh mbak. Eank atau ganya kan kasian kalo ga cocok. Dulu sih anakku ASI sampai 2 tahun jadi ga belanja susu formula. TFS.

    ReplyDelete
  6. Ternyata milih susu buat anak 1 thn itu ga gampang ya, mudah2an aja bsk aku bisa kasih as eksklusif 2 thn tanpa sufor, amin.

    ReplyDelete
  7. Sebagai ibu, setuuju banget nih sama tipsnya. Memang harus cermat dan teliti untuk memberikan yang terbaik bagi anak ^^

    ReplyDelete