Saturday, 21 July 2018

Asian Games 2018, Energy of Asia


Tentang Asian Games


Diselenggarakan pertama kali tahun 1951 di New Delhi, India. Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada tahun 196, saat itu Gelora Bung Karno (GBK) menjadi tempat bersejarah diadakannya opening ceremony. Kini setelah 56 tahun, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games ke 18 oleh Olympic Council of Asia (OCA). Sebenarnya Asian Games ke 18 akan diselenggarakan pada tahun 2019 di Hanoi, Vietnam. Akan tetapi, Hanoi sebagai pemenang bidding saat itu mengundurkan diri dan Indonesia siap menjadi tuan rumah dengan penyelanggaraan akan dipercepat ditahun 2018.

Logo Asian Games 1962
Burung garuda sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri dengan gagah di atas lambang OCA. 

Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar di Asia empat tahunan sekali dan kedua terbesar di dunia. Untuk kali kedua Indonesia diberikan kesempatan menjadi tuan rumah, Asian Games akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang selama 14 hari, terhitung 18 Agustus – 02 September 2018. Ada 45 negara yang akan berpartisipasi dalam Asian Games ke XVIII dan 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. 

Kekuatan Asian Games

Dalam penyelenggaraannya yang tinggal menghitung hari, Asian Games akan meramaikan Jakarta dan Palembang dengan suka cita serta semangat persatuan yang tinggi.
  • 9.500  Athletes
  • 2.500 OCA Family & VIP/VVIP
  • 20.000 Volunteers & Workforces
  • 5.000 Media
  • 5.500 Technical Officials & Judges

Ada sekitar 35.000 manusia yang akan datang ke Indonesia untuk bertanding, meliput, menonton maupun menjadi bagian dari sejarah Asian Games 2018 ini. Sebagai tuan rumah, secara pribadi saya sangat bangga serta haru. Tentu saja sejak terpilih menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018, Palembang banyak memperbaiki diri. Terutama dalam bidang infrastruktur dan kawasan wisata edukasi. Menjadi kota pertama yang memiliki LRT sebagai moda transportasi utama dari bandara ke Kawasan Olahraga Jakabaring. 

LRT
Light Rail Transit (LRT) sudah dikebut pembangunannya sejak 2015 dan siap beroperasi Senin, 23 Juli 2018. LRT memliki 13 stasiun dengan total jarak tempuh sejauh 24,5 km. Investasi yang digelontorkan dalam proyek ini sebesar 7,2 triliyun rupiah. 

Tempat-tempat wisata pun mulai diperhatikan dengan serius oleh dinas pariwisata juga para penggiat wisata seperti Generasi Pariwisata. Banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi saat ini. Palembang memang bukan tempatnya alam hijau yang luas atau pesisir yang basah, tapi kalo wisata tentang budaya dan kultur, Palembang tidak kalah kok. Asal kita siap belajar.

Ada Kampung Al-Munnawar, Pasar Baba Boenjit, PulauKemaro, Al-Quran Al-Akbar, dll.

Logo Asian Games


Konsep desain logo Asian Games 2018 ke-18 terinspirasi dari bentuk Stadion Utama Gelora Bung Karno, dengan delapan jalur menuju stadion dan lambang matahari yang bersinar dari logo OCA di tengahnya berema Energi of Asia. Desain ini ingin menyampaikan bahwa “Energi of Asia” akan menyebar ke seluruh dunia. Busur berwarna ungu juga merupakan ciri khas budaya Asia dan Indonesia.


Maskot Asian Games

Maskot Asian Games 2018
Maskot Asian Games 2018
Maskot Asian Games 2018

Kekeliruan Penulisan Asian Games

Sayangnya masih ada beberapa orang yang salah dalam menuliskan Asian Games dengan Asean Games. Padahal Asean, cakupannya hanya negara-negara di Asia Tenggara, pun nama perhelatan olahraganya adalah SEA Games. Yuk, teman-teman, yang akan segera diselenggarakan itu Asian Games. Yang ikut negara se-Asia. 
Sebagai warga Palembang dan insyaallah salah satu volunteer dalam Asian Games 2018, suka cita dalam menyambut para tamu undangan sudah sangat dinanti, semoga perhelatan ini menjadi awal bagi Indonesia, khususnya Palembang dalam memperkenalkan kebudayaan. Masyarakat yang ramah dan jujur, budaya yang luhur dan terjaga, pembangunan yang menjanjikan serta kota yang nyaman untuk kembali dikunjungi.

Indonesia Juara Asian Games 2018!!! Energy of Asia.

#DukungBersama #AG018BlogChallenge

1 comment:

  1. Salam kenal bloggers, boleh dong kunjungi blog ku https://fulfikablog.wordpress.com/2018/07/26/ternyata-ada-yang-tidak-kita-ketahui-tentang-pt-rapp/ :)

    ReplyDelete