Tuesday, 20 August 2019

Tips Cermat Hemat Listrik

Pengalaman merasakan blackout memberikan arti pentingnya listrik di kehidupan manusia. Kegunaan listrik yang sangat vital. Setiap orang, rumah tangga, tempat usaha bahkan perkantoran menggunakan listrik dengan besaran yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari penggunaan dari bangunan tersebut. Jika boros dalam menggunakan listrik, tentu saja biaya tagihannya akan jauh lebih besar.

Namun terkadang kita tidak mengetahui, upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya listik. Berikut beberapa ulasannya.

Hemat listrik

Menggunakan Listrik Pulsa

Dalam sistem paling terbaru, Pemerintah dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyarankan bahkan mewajibkan bagi setiap rumah untuk menggunakan meteran listrik yang berbasis pulsa. Penggunaan sistem ini cukup efektif bagi kamu yang ingin hemat listrik karena menggunakan sistem prabayar, sehingga besar kecilnya pemakaian listrik telah ditentukan berdasarkan jumlah pembayaran di awal.

Tips yang satu ini sangat ampuh untuk dilakukan, sehingga kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan listrik setiap harinya. Karena jika pemakaian boros, maka listrik akan cepat habis sebelum pada batas waktunya.

Cabut Kabel Listrik Ketika Tidak Digunakan

Ketika kamu menyambungkan segala kabel pada sumber listrik, tentunya aliran listrik akan terus menyala. Misalnya saja ketika kamu lupa mencabut charger handphone dari stop kontak, maka arus listrik akan terus mengalir meskipun kabelnya tidak digunakan. Maka dari itu, ketika selesai menggunakan charger atau barang elektronik, kamu juga harus mencabut kabelnya dari stop kontak. Dengan begitu kamu akan hemat listrik.

Selain itu, masih banyak orang-orang yang boros dalam penggunaan televisi. Misalnya ketika TV tidak ditonton, atau ketika malam hari TV lupa dimatikan, hal tersebut harus dihindari karena daya listrik akan terus menyala hingga menyebabkan boros. Ketika malam hari, kamu bisa menggunakan fitur setting waktu menyala TV, atau lekas mematikannya ketika akan tidur.

Hemat Penggunaan Lampu

Tips hemat listrik selanjutnya yaitu hemat menggunakan lampu. Penggunaan yang dilakukan secara sembarangan juga merupakan faktor penting yang harus ditinggalkan demi menghemat biaya listrik. Sebaiknya Kamu menghindari penggunaan lampu di siang hari atau jika keadaan cukup terang. Ketika sinar di pagi hari mulai menyingsing, lampu-lampu ruangan dimatikan, bahkan di siang hari penggunaan cahaya dari sinar matahari lebih baik. Contoh lainnya seperti segera mematikan lampu ruangan yang akan ditinggalkan atau tidak digunakan lagi. 

Hemat Penggunaan AC

Kini pemakaian AC banyak digunakan bahkan oleh para rumah tangga sekalipun. Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan tingkat pemakaianmu ketika menggunakan AC. Akan lebih baik penggunaannya tidak terlalu sering serta menggunakan AC berteknologi hemat energi. Saat ini sudah banyak pilihan AC yang hemat energi. Atau bahkan rumahmu bisa lebih diperbaiki dalam pembuatan ventilasi udara yang cukup, sehingga suhu ruangan pun lebih alami dan tidak terlalu panas.

Bijak Dalam Memilih dan Menggunakan Mesin Cuci

Jika kamu pengguna mesin cuci, maka yang harus diperhatikan agar hemat listrik adlah penggunaan mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, pilihlah mesin cuci dengan kapasitas relatif lebih rendah dan sesuai kebutuhan. Karena semakin besar kapasitas mesin cuci, maka semakin besar pula energi listrik yang digunakan hingga biaya perawatan yang membengkak pula.

Bijak Dalam Menggunakan Kulkas

Mesin pendingin atau kulkas kini hampir dimiliki oleh setiap rumah. Hal ini justru bisa memperbesar biaya listrik perbulan jika tidak diperhatikan. Agar hemat listrik, sebaiknya gunakan kulkas dengan konsumsi daya yang meringankan. Selain itu, jika kamu hendak berpergian dalam waktu lama, turunkan terlebih dulu suhunya hingga yang paling kecil. Atau bahkan jika memungkinkan, cabut kabel penghubung dan matikan kulkas jika akan ditinggal.

Itulah beberapa tips dan langkah yang bisa kamu lakukan di rumah agar lebih hemat listrik, ketika menggunakannya. Maka dari itu, yuk mulai bijak menggunakan listrik sekarang juga! Dengan hemat listrik kita juga menghemat sumber daya alam dan ikut melestarikan bumi. 

9 comments:

  1. Di rumah sering banget sibuk sama masing-masing Hp, tapi TV nyala. Hadeehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mulai mengubah kebiasaan nih, hemat listrik sebagai bentuk menyayangi bumi juga.

      Delete
  2. Hal-hal yg nggak kita sadari sebagai pengguna listrik ya

    ReplyDelete
  3. Aku selama ini jd anak kos jd ga pernah ngurusin masalah listrik sama sekali, walaupun aku tergolong hemat banget kalau masalah listrik, nah setelah merit & tinggal dirumah sendiri, baru mikir keras cari cara buat menghemat listrik, karna baru sadar ternyata listrik itu mahal hahaha, padahal cuma tinggal berdua sama suami, rumah juga kecil, tp listriknya kok boros.
    Suamiku tiap abis cas hp pasti ga nglepas chargernya, cuma ngambil hpnya doang.
    Kalau mesin cuci & kulkas aku emang ga bisa hemat2 karna 2 barang itu sangat dibutuhkan, aku menyiasatinya dg nggak nyolokin dispenser, jadi kalau mau minum dingin ambil di kulkas, kalau mau panas ambil air di termos aja, soalnya aku baca2 dispenserku dayanya tinggi banget. Kalau tidur juga pakai lampu tidur, yg nyala cuma lampu teras & toilet doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget ya Mbak, banyak hal-hal kecil yang seringkali kita abai padahal kan lumayan banget.

      Delete
  4. Nah ini dia hal penting yang mesti kita cermati ya. AC atau pikas angin kadang suka lupa dimatikan setelah didunakan. Atau lampu2 yang ga dimatikan ketika kita ga pakai lagi. Lumayan kan bayar listrik mahal hehehehe jadi kudu dihemat2.

    ReplyDelete
  5. Buat saya, yang paling sulit itu hemat listrik AC. Berhubung kamar tidur sama ruang tengah kesorot sinar matahari sore, kalo gak nyalain AC bisa lumayan gerah banget hawanya. Makanya AC bisa nyala dari siang sampe bangun tidur.

    ReplyDelete
  6. Matikan lampu kalau tidak digunakan, cabut kabel yang tidak terpakai, jangan dicolok terus ya. Lampu yang paling sering nyala di rumah seharian itu ditempat saya lampu kamar mandi. jarang banget dimatiin. kalo kabel biasanya kabel tv, kayaknya itu perlu dicabut kalo ga dipake ya...

    ReplyDelete
  7. Suka banget ninggalin kabel charger gitu aja tanpa dicabut, dan karena sby panas banget jadi AC selalu nyala hampir 24 jam huhu alhasil tagihan selalu membengkak. makasih ilmunya mbaa :)

    ReplyDelete