Friday, 2 February 2018

Ikut Serta Mencerdaskan Kehidupan Anak Pesisir Pantai

Indonesia adalah negara besar yang memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Indonesia terdiri dari 17.508 pulau dengan lautan sebagai pemersatu antar pulau-pulau itu. Luas lautan Indonesia adalah 75% dari total keseluruhan luas Indonesia, dengan kata lain luas daratan Indonesia hanya 25%. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia. Selain itu Indonesia juga memiliki garis pantai sepanjang 99.093 km, keanekaragamaan fauna bawah laut serta ekosistem terumbu karang yang indah.
Dokumentasi Ekspedisi Nusantara Jaya Kalimantan Tengah 2017, Desa Ujung Pandaran.
Melakukan kegiatan Outbond dengan anak-anak pesisir.

Dengan anugerah-anugerah geografis tersebut sudah seharusnya Indonesia mampu menjadi salah satu negara maju. Tapi, sampai saat ini Sumber Daya Manusia yang dimiliki Indonesia belum mampu untuk maksimal dalam memanfaatkan sumber daya alamnya. Hal ini karena kebanyakan kita lupa bahwa sejarah pernah menuliskan Indonesia pernah jaya di lautan. Infrastruktur hanya jor-joran dibangun diatas daratan. Pemberdayaan masyarakat pesisir pun masih belum maksimal. Pendidikan untuk anak-anak pesisir masih minim.
Pendidikan adalah salah satu cara yang tepat untuk merentaskan kebodohan, untuk memulai perubahan, untuk menanamkan semangat nasionalisme. Anak-anak pesisir sudah seharusnya diberikan pendidikan yang terbaik, terkhusus lagi mengenai kemaritiman. Terlalu jauh jika kita mengharapkan orang-orang yang sibuk dengan hiruk-pikuk kota untuk terjun pertama kali menyelesaikan masalah di pesisir. Anak-anak sedini mungkin ditanamkan rasa memiliki terhadap lingkungannya, dicontohkan mencintai lingkungannya.
Anak-anak pesisir yang dianugerahi indahnya pesisir pantai, lautan dan seisinya. Seyogyanya diajarkan kiat-kiat untuk merawat keindahan sang alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga ekositem terumbu karang. Beriring berjalannya waktu akan tumbuh rasa memiliki dan cinta terhadap lingkungan dari diri anak-anak pesisir. Cinta terhadap lingkungan sekitar akan menumbuhkan rasa nasionalisme yang perlahan akan menguat dalam diri anak-anak. Pendidikan karakter sangatlah penting untuk ditanamankan sedini mungkin.
Edukasi secara formal sangat penting, untuk memaksimalkan peningkatan taraf hidup nelayan pesisir pantai. Anak-anak sebagai penerus estafet baik kepemimpinan ataupun penggerak perekonomian di lingkungan pesisir pantai wajib untuk terus diedukasi mengenai pengelolaan sumber daya alam lautan yang baik. Bagaimana menjaga kelestarian hewan-hewan laut meskipun setiap hari ditangkap, meningkatkan kualitas tangkapan agar daya saing ekspor maksimal. Bagaimana mencapai kesejahteraan yang merata bagi nelayan.
Anak-anak adalah tempat investasi yang baik untuk membenahi bangsa ini. Tempat yang bisa amanah jika dicontohkan kebaikan-kebaikan. Anak-anak yang terdidik secara moral dan formal adalah satu bukti bahwa kita sama-sama mengiginkan dan berharap Indonesia kembali jaya di lautan. Garam tak lagi import, illegal fishing tak lagi terulang, pertambangan dan energi dikelola anak bangsa, anak pesisir dan ekosistem yang terjaga kelestariannya.

4 comments:

  1. Aku suka sekali kegiatan sosial begini. Aku pernah loh mbak menjadi pengurus juga di save street child medan tapi sekarang sudah gak berjalan lagi komunitasnya.
    Kegiatan sosial begini bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan saya salah satu pengajar di save street child Palembang mbak, sscp udah jalan 6 tahun alhamdulillah. Ada beberpa cerita yg saya tuliskan di blog ini. Salam kenal mbak Ririn. ^^

      Delete
  2. senang ya lihat anak2 menikmati dunianya.

    ReplyDelete