Friday, 12 April 2013

Sains, Teknologi dan Penerapannya

       Kita sebagai manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan yang pada dasarnya memiliki sifat selalu ingin tahu dan ingin selalu mencoba. Manusia terus mencari kepuasaan, sehingga muncullah ilmu Sains dan Teknologi. Sains sendiri adalah hasil karya dari manusia yang termasuk dalam pengetahuan ilmiah yang membahas tentang sistem atau penjelasan sistem tersebut. Dan Teknologi adalah hasil dari akal yang berupa himpunan informasi yang mengandung ilmiah atau sains dan menciptakan sebuah sistem. Oleh karena itu, Manusia, Sains, dan teknologi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan lagi. Karena satu sama lain saling bergantung, dan mempengaruhi. Keterkaitan Sains Dan Teknologi.
       Sains adalah ilmu yang bersifat teoritis. Sehingga sains tidak mewiliki wujud, ilmu pasti dan hanya bisa dipelajari. Yang nantinya akan menghasilkan teknologi. Teknologi sendiri, diciptakan melalui dasar sains bersifat praktis dan berbentuk. Sehingga teknologi dikembangkan dan diciptakan untuk mempermudah atau membebaskan pekerjaan manusia, hingga saat ini.
PENERAPAN SAINS DAN TEKNOLOGI
Contoh hubungan sains dan teknologi pada kehidupan sehari – hari :
1.    Penerapan ilmu fisika tentang lensa menghasilkan produk teknologi seperti mikroskop dan teleskop. Mikroskop digunakan untuk melihal obyek yang sangat kecil seperti bakteri, sehingga klasifikasi bakteri bisa dilakukan. Hasil klasifikasinya dapat membantu  dalam bidang kedokteran dan industri makanan.
2.    Penerapan ilmu elektro dapat menghasilkan robot yang bermanfaat dalam bidang industri, manufaktur, kesehatan, dan sebagainya. Robot juga bisa berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam kegiatan penelitian yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia, seperti  penyelaman ke dasar laut dalam dan penelitian gunung berapi.
3. Ditemukannya besi dari sains, maka tidak akan ditemukannya teknologi yang menggunakan besi seperti komputer, ponsel, dll. Dari hal tersebut, hal yang kita dapat bahwa penerapan sains dapat menghasilkan sebuah teknologi.
PENGARUH SAINS DAN TEKNOLOGI
Pemanfaatan sains dan teknologi di Indonesia bahkan di dunia telah kita rasakan membawa dampak yang besar dalam kehidupan manusia saat ini. Perkembangan sains dan teknologi telah memiliki banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh seluruh manusia di dunia. Namun, tentu saja dalam perkembangan sains dan teknologi memiliki manfaat atau dampak yang positif atau dampak negatif.
Dampak Positif Sains Dan Teknologi yang dapat kita rasakan seperti, informasi apapun dan dimanapun dapat dengan mudah diakses dan diketahui dengan mudah melalui internet. Komunikasi sudah sangat mudah tidak adalagi kata hbungan dapat dipisahkan dengan jarak, pertumbuhan ekonomi memiliki kemajuan yang pesat, semakin mempermudah untuk mengatur kegiatan, keuangan, atau apapun dalam hidup kita, meningkatkan rasa percaya diri, terbentuknya sistem pembelajaran yang lebih modern yang memudahkan pelajar maupun pengajar.
Dampak Negatif Sains Dan Teknolog seperti, pemanfaatan teknologi internet untuk sarana kejahatan zaman sekarang, penyalahgunaan situs seperti media penyebaran hal SARA, Porno, dan lainnya, penurunan moral masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan ABG yang baru mengenal teknologi, berkurangnya privasi seseorang dalam dunia maya, munculnya senjata baru yang dapat mengancam peradaban manusia, seperti nuklir, radiasi gadget, terorisme yang semakin banyak terjadi dalam sosial media, dengan mempengaruhi kalangan tertentu.
KESIMPULAN PERKEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI
Sains dan Teknologi memang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Seiring dengan perkembangan zaman, sains dan teknologi akan semakin berkembang dan akan selalu menciptakan benda baru untuk mempermudah kehidupan umat manusia.
Semua obyek yang terbentuk dari sains dan teknologi tentunya mempunyai dampak positif dan negatif. Namun itu juga tergantung dari penggunanya. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat yang baik diharapkan menggunakannya dengan bijak. Agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal.

No comments:

Post a Comment