Monday, 26 March 2012

Dewasa~

                DEWASA? Apa si definisi dewasa yang sesungguhnya? Gimana si seseorang itu bisa dikatakan dewasa? Umur mempengaruhi kah? sebagai penentukah?
                Menurut saya, seseorang tidak bisa dikatakan dewasa hanya karena penampilannya yang simple dan kelihatan anggun. Tidak dari apa yang mereka pakai. Tidak dari apa yang mereka genggam. Tidak juga dari dimana mereka sedang berada.
                Umur sebagai tolak ukur kedewasaan? Tidak!! banyak orang yang umurnya sudah 17tahun tapi masih kekanak-kanakan. Dewasa itu bukan tampilan. Dewasa itu bukan penilaian.Dewasa itu bukan cara bicara yang baik. Dewasa enam huruf yang maknanya ada pada diri kita masing-masing.
                Berbeda mata, maka berbeda pula pendapat. Menurut saya dewasa itu adalah cara kita menyikapi dan menempatkan diri dalam keadaan apa pun dengan cerdas. Dewasa itu cara hebat mengungkapkan perasaan tanpa mengucilkan hati orang lain dan tidak pula mengeyampingkan ingin jiwa kita. Dewasa itu memahami apa yang kita bicarakan dengan baik. Dewasa itu melakukan dengan cekat apa yang kita tuturkan. Dewasa itu pemaknaan dari orang disekitar kita akan hadir diri kita. Dewasa itu saat kita berusaha secepat mungkin menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Dewasa itu mengayomi tidak terbawa arus. Dewasa itu jiwa yang bijak.
                Biasanya orang memiliki kedewasaan itu, penampilannya rapi. Lebih banyak ingin mendengarkan daripada didengarkan. Berbicara jika memang benar-benar perlu. Berfikir selangkah lebih baik dari orang ceroboh. Selalu ingat akan waktu dan keadaan. Selalu bisa merasa baik dalam keadaan apapun.
Kedewasaan mengajarkan kita melihat dari berbagai sudut pandang. Kedewasaan tidak pernah ingin tahu masalah tapi mencari tahu apa penyebab dari masalah. Kedewasaan selalu menempatkan kita untuk merasakan dan memaknai berbagai posisi. Kedewasaan hanya milik orang yang sering berada pada keadaan yang menyakitkan. Kedewasaan selalu bersama mereka yang dibesarkan perih. Kedewasaan itu ada dalam jiwa. Kedewasaan itu cara berfikir. Kedewasaan itu tak tampak namun dapat dimaknai hadirnya. Kedewasaan itu buah dari ketegaran.
Yah itu hanya pendapat saya. Saya berniat mengulik tentang ‘Dewasa atau Kedewasaan’ karena teman-teman saya sedang gencar melontarkan kata-kata itu. Apakah anda sudah merasa dewasa?

No comments:

Post a Comment