Tuesday, 14 May 2019

Berkunjung ke BRSPDF Budi Perkasa di Palembang

Hallo-hallo Pelangi!

Assalammualaikum teman-teman. Apa kabar? Semoga selalu sehat dan produktif yaa. Marhaban Yaa Ramadan^^

Aku mau cerita tentang kunjunganku beberapa minggu lalu, ke Panti Bina Daksa. Berawal dari ajakan temen "bulan puasa ini buat kegiatan yuk". Diskusi-diskusi singkat pun dilakukan, draft kasar kegiatan tersusun berantakan. Hari berkunjung ke panti-panti untuk menentukan tempat kegiatan tiba...

Dari awal kami sudah menentukan untuk berkunjung ke Panti Disabilitas yang ada di Jl. Sosial. Bermodal tahu Jl. Sosial, bada Asar kami menelusuri jalan untuk sampai ke sana dan tibalah di Panti Bina Daksa.


Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik "Budi Perkasa". Panti ini berada di Jl. Sosial No. 441, tidak jauh dari Yayasan Karya IBU. Berdiri sejak 1971 dengan nama Lembaga Rehabilitasi Penderita Cacat seluas 5 Ha. Kemudian 1994 berganti menjadi Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang (PSBD Palembang). 

Panti Budi Perkasa ini memberikan banyak layanan sosial kepada teman-teman disabilitas, yaitu:

Bimbingan Mental dan Sosial
Bimbingan ini mengajarkan nilai-nilai agama, kepribadian, kedisiplinan, terapi kelompok dan widyawisata.

Bimbingan Fisik
Kegiatan-kegiatannya berhubungan dengan fisik, seperti olahraga, fisioterapi dan bimbingan alat bantu. Beberapa teman yang aku ngajak ngobrol kemarin, banyak yang mendapatkan tongkat, kaki palsu dan juga alas kaki yang sesuai dengan kaki mereka. Mereka sudah menggunakannya dengan nyaman dan percaya diri. Untuk olahraga, panti ini memiliki lapangan futsal dan bulutangkis indoor! Wenak tenan!

Bimbingan Keterampilan
Nah.. Ini sih yang buat aku takjub, jadi setiap teman disabilitas disini diwajibkan mengikuti bimbingan keterampilan yang sesuai dengan minat serta kemampuannya. Ada elektro, komputer, service hp, penjahitan pria, penjahitan wanita, salon, las, otomotif dan pertanian.

Ruang bimbingan praktik menjahit
Karya dari siswa yang ikut bimbingan penjahitan wanita
Kumbung Jamur
Salah satu teman disabilitas yang mengikuti bimbingan pertanian budidaya jamur

Saat mengelilingi panti yang luas dan rindang itu, aku menahan haru juga bangga. Walau mungkin tak sebaik yang ada di negara luar, tapi fasilitas panti ini sudah cukup menggambarkan kepedulian pemerintah dengan teman-teman disabilitas. Tempatnya asri dan bersih. Ada yang seperti ini di Palembang.


Kemudian disambut baik oleh beberapa teman disabilitas. "Dari mana Kak?" tanya mereka. Obrolan pun jauh. "Rasanya mau nangis, saat pertama sampai di sini. Jauh dari keluarga. Tapi, demi masa depan harus tahan. Sertifikat dari sini sangat membantu Kak, kalau nanti mau membuka usaha di daerah masing-masing." Kata teman yang berasal dari Medan.

Setelah itu kami diajak keliling, melihat kolam ikan, kamar-kamar asrama, media hidroponik dan kumbung jamur.

Bimbingan Kewirausahaan

Karya dari kreasi kerajinan
Teman-teman disabilitas dilatih untuk tumbuh mandiri, hasil karya biasanya diikutkan bazar untuk dijual. Dijamin deh, karya mereka bersaing banget.

Praktik Belajar Kerja
Nah kebetulan sekali, saat berkunjung, teman-teman disabilitas ini lagi di tahap magang. Mereka mengikuti magang sesuai dengan konsentrasi keterampilan yang dipelajari, otomotif ke bengkel terdekat, las di tempat pembuatan pagar dll. Untuk beberapa teman yang mobilitasnya susah, maka akan praktik di panti saja.

Bimbingan Ekstrakulikuler
Selain keterampilan, juga difasilitasi kelas-kelas musik dan tata boga sebagai ruang untuk menyalurkan bakat.

Teman-teman disabilitas ini berasal dari seluruh pelosok nusantara, ada yang dari Medan, Jambi, Lampung, pun Palembang. Mereka berangkat dari daerah masing-masing, lalu seluruh biaya transportasi akan diganti. Satu tahun belajar dan difasilitasi oleh pemerintah. Kelak saat sudah selesai mereka akan diberikan modal, sesuai dengan konsentrasi bimbingan masing-masing.

Mendengarkan selalu memberikan nilai lebih. Banyak energi positif yang terserap. Kunjungan yang penuh makna. Semoga Indonesia semakin ramah dengan disabilitas, terutama manusia-manusianya. 

Yup, kita akan melaksanakan buka bersama di Panti Bina Daksa pada tanggal 18 Mei 2019. Dengan mengusung tema Ramadan Ceria, kami berharap bisa memberikan suka cita, pun merasakan indahnya berbagi. 

Sebaik-baik manusia ialah mereka yang bermanfaat bukan? Yuk, jadi bermanfaat! Minimal untuk dirimu, untuk jiwamu! We care to share! Wassalammualaikum!

No comments:

Post a Comment