Skip to main content

Lentera Sekolah, Menerangi Pendidikan Lewat Aksi

Lentera Sekolah adalah komunitas baru yang berdiri atas dasar rasa keterikatan para anggotanya pada tanggung jawab untuk turut serta mewujudkan janji-janji kemerdekaan. Salah satunya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. 
Lentera Sekolah
Beberapa Relawan Penggerak Lentera Sekolah. (Kunjungan Pertama Lentera Sekolah ke SD Empat Tunggal)
Lentera Sekolah
Siswa-siswi SD Empat Tunggal.
Lentera Sekolah adalah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan. Adapun visi dari Lentera Sekolah adalah membantu peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar dengan cara menjejaringkan serta memfasilitasi pihak Sekolah Dasar tersebut dengan stakeholders agar terciptanya SDM yang lebih mumpuni dari sisi rasa cinta terhadap dunia pendidikan serta kualitas yang semakin berkembang. Untuk membantu terciptanya Sekolah Dasar yang lebih mampu bersaing 

Lentera Sekolah memiliki 4 Program Kelas, yaitu:

1. Kelas Baca

Di Kelas ini Lentera Sekolah membantu pengadaan Ruang Baca dengan menyalurkan buku-buku donasi dari para relawan ke pihak sekolah. Besar harapan bahwa akan kembali tumbuh generasi dengan minat baca yang tinggi karena bukan hanya kata melainkan kebenaran yang mutlak bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan membaca kita mampu melatih otak agar lebih peka serta memperluas pengetahuan Mata Pelajaran maupun umum.

Dalam Program Kerjanya¸ Kelas Baca juga akan bekerjasama dengan beberapa pihak agar dapat mendatangkan Pustakawan, Pendongeng ataupun Para Ilmuan agar anak-anak SD Empat Tunggal dapat mengenal lebih lagi mengenai buku dan pentingnya membaca.

2. Kelas Bermain dan Belajar

Di Kelas yang pelaksanaannya sudah berjalan 1 kali di SD Empat Tunggal ini. Konsep dari kelas ini adalah mengajak anak-anak bermain atau bereksperimen dengan materi yang telah dipelajari di dalam kelas agar lebih paham dan ingatan jangka panjang. Adapun pelaksanaannya, setiap kelas dari kelas 3, 4, 5 dan 6 akan digabung lalu dibagi perkelompok. Kemudian setiaap kelompok tersebut akan melalui pos-pos yang telah disediakan. Keempat pos tersebut terdiri dari:

Pos 1, Pos Penjernihan Air
Disini Penanggung Jawab Pos adalah Bapak Adi. Pak Adi akan menjelaskan bagaimana mekanisme air yang keruh dapat menjadi jernih dengan membuat alat penjernihan air.

Pos 2, Pos Pencemaran
Pada Pos ini Ibu Regha Regita sebagai penanggung jawab menjelaskan tentang apa-apa saja yang bisa memcemarkan lingkungan dan dampak dari pencemaran tersebut. Disini ditekankan ke anak-anak bahwa sanya Mencintai Lingkungan itu adalah suatu kewajiban manusia. Media yang digunakan Ibu Regha adalah baskom yang berisi air dengan perbandingan baskom dengan sampah dan baskom yang bersih kemudian dibeberapa sisi diberi lubang. Terlihat jelas bagaimana air di baskom dengan penuh sampah tidak bisa mengalir dengan lancar.

Pos 3, Pos Sifat-sifat Cahaya
Pada pos ini Ibu Dwi Imelda menjelaskan beberapa sifat-sifat cahaya dengan media cermin dll. Bagaimana cahaya bisa dipantulkan.

Pos 4, Pos Metamorfosis
Pos ini bermain menggunakan Puzzle Metamorfosis yang dibuat sendiri oleh Pak Khoirul. Disini siswa diberikan waktu untuk menyusun Puzzle kemudian menjelaskan gambar pada Puzzle tersebut. Ada 2 macam metamorfosis yang diajarkan disini yaitu: metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Terlihats sekali seiswa-siswi sangat tertarik di Pos ini.

3. Kelas Kurikulum

Kelas Kurikulum akan bergerak atau membantu pihak sekolah dengan menghubungkan para Relawan Pengajar untuk mengisi kekosongan Guru Mata Pelajaran tertentu di Sekolah. Di Palembang sendiri, banyak Sekolah Dasar yang kekurangan tenaga pengajar. Seperti Pengajar Bahasa Inggris dan Kesenian. Masih banyak Guru yang merangkap demi terpenuhinya kebutuhan siswa-siswi sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Sekolah.

4. Kelas Profesi

Kelas Profesi adalah kelas dimana Lentera Sekolah akan menjejaringkan para Profesional untuk berbagi cerita mengenai profesi agar anak-anak mampu memiliki semangat yang lebih lagi dalam menggapai impian mereka.
Kelas Profesi ini sudah berlangsung 1 kali di SD Empat Tunggal dengan 5 Inspirator dari berbagai profesi. Adapun data singkat Para Inspirator, yaitu:

1.    Efendi Agus Waluyo (Peneliti Kehutanan)
2.    Insyira Safriza (Engineer)
3.    Rika Setyowulan (Pegawai Pajak)
4.    Rinda Harmanita (Bidan)
5.    Amita Desmarani (Staf IT Pertamina)

Penulis (*cielah) sendiri adalah fasil dari The Great Inspirator Mbak Amita. Dalam tugasnya, Mbak Amita memperkenalkan perangkat-perangkat Teknologi Informasi kepada siswa-siswi SD Empat Tunggal. Apa itu Teknologi Informasi, untuk apa dan bagaimana. Terima kasih para Inspirator. ^^

Dalam perjalanannya yang baru seumur jagung, Lentera Sekolah sudah banyak mendapat support dari berbagai pihak. Baik dalam bentuk moril atau donasi. Besar harapan, bahwa Pemerintah akan mendukung komunitas ini. Karena Lentera Sekolah dan para Relawan adalah anak-anak negeri, putra-putri daerah yang merasa terpanggil untuk beraksi nyata melalui pendidikan.

Lentera Sekolah
Penggerak LS menanyakan CITA-CITA siswa SD Empat Tunggal

Lentera Sekolah
Diskusi
Great things never came from comfrot zone!
Come on Join us!!!!
ps: So, what you guys waiting for? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
untuk lebih lengkap silahkan melipir ke http://lenterasekolah.weebly.com/ kami menunggu semangat kalian!!!
Hai! Salam kenal dariku ya. Rumi yang secara acak terkadang menulis, entah saat luang ataupun sibuk.

Comments

  1. Keren kak!Mari berjuang bersama ��

    ReplyDelete
  2. Ceileh... Ada bakat nulisnya juga ini.. Isi konten blog LS juga dong...

    ReplyDelete
  3. Kalo mau ikutan gimana ya mba? Hehee. Keren nih komunitasnya

    ReplyDelete
  4. Wah kapan bisa ikut kayak gituuu

    ReplyDelete

Post a Comment